Jenis-jenis Kendaraan Industri Logistik


Apa saja jenis kendaraan yang tersedia di industri Logistik.

Kendaraan logistik memiliki jenis yang berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda dengan kendaraan penumpang. Karena secara harafiah kata logistik berarti persediaan, pemeliharaan, pendistribusian dan penyediaan (penggantian) peralatan, perbekalan dan jasa.Umumnya logistik merupakan proses perpindahan barang ataupun jasa, energi dan SDA lainnya dari titik asal ke titik penggunaan.Satu hal yang penting untuk dipahami, dalam bidang logistik, hal penting selain persediaan, pengelolaan dan penyimpanan produk, perencanaan konstruksi adalah transportasi. Karena transportasi logistik merupakan sarana dan perlengkapan pendistribusian logistik.Umumnya penyedia jasa logistik menawarkan berbagai jenis kendaraan logistik. Baik dari ukuran maupun kapasitasnya.Oleh karena itu, para pengguna jasa logistik dapat memilih kendaraan yang tepat dengan pertimbangan paling efektif dan efisien sesuai kebutuhan usaha, sehingga memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya. Secara umum, ada berbagai jenis kendaraan cepat yang disediakan oleh perusahaan pengiriman cepat, termasuk truk.Truk merupakan salah satu jenis kendaraan yang lebih berguna untuk mengangkut barang dibandingkan mobil penumpang. Selain itu, truk juga lebih bertenaga karena penggunaan bahan bakar solar dengan ukuran berbeda.Truk sangat cocok untuk dijadikan mobil operasional kantor, terlebih jika perusahaan Anda bergerak dibidang logistik.

8 Tipe Truk Untuk Kendaraan Logistik

PICK UP

Mobil ini merupakan mobil sewaan berukuran kecil dengan atap dan tempat tidur terbuka untuk muatan atau muatan. Secara umum mobil ini berguna untuk keperluan bisnis dan berguna untuk pekerjaan yang perlu membawa dan membawa barang atau produk yang tidak banyak.Rata-rata pin mempunyai ukuran maksimal 1 CBM (CuBic Meter) atau 1 ton hingga maksimal 1,5 ton. Kecuali untuk open mic yang memiliki ukuran maksimal 6 CBM.

TRUK ENGKEL

Selain truk pikap, ada juga model Colt diesel atau roda satu. Truk engkel lebih berat namun memiliki jumlah as roda yang sama serta dua roda depan serta dua roda belakang.Sedangkan dari segi daya angkut, truk juga akan lebih besar dibandingkan mobil. Karena beratnya bisa 2 sampai 5 ton.

TRUK BOX

Van boks CDD (double decker). Model mobil diesel Colt ini bisa dilihat secara individual karena tampilannya. Truk jenis ini hampir identik dengan mobil pasak. Namun perbedaan yang mencolok adalah jumlah kendaraan roda empat bekas yang digunakan.Saat ini sumbu yang berguna untuk penjualan biasanya sama yaitu sumbu 2. Namun masing-masing poros, bagian belakang menopang 2 roda. Sedangkan jika dilihat dari ukurannya, truk ini memiliki daya angkut yang besar yakni sekitar 6 ton dengan muatan maksimal 12 CBM.

TRONTON

Truk Tronton yang berkemampuan mengangkut beban lebih dari 10 ton. Truk Tronton ini merupakan jenis truk yang sering kita temui di jalan jalan. Bukan hanya kapasitas muatannya saja, namun jika dilihat dari as rodanya, kendaraan jenis ini memiliki 3 as roda yang terbagi menjadi 1 as roda depan dan 2 as roda belakang.

TRINTON

Truk ini adalah gabungan dari truk Tronton dan Trintin. Truk jenis ini mampu mengangkut beban berat mencapai 30 ton dengan empat roda.Gandar roda dua terbagi yaitu 2 gandar depan dan 2 gandar belakang. Truk ini memiliki 12 roda.

TRAILER

Biasanya Truk ini banyak ditemui di perusahaan besar yang jumlah pengirimannya bisa mencapai hingga 60 ton. Memiliki 6 as roda, jumlah ban yang sama, trailer ini memiliki 16 hingga 24 ban atau roda. Truk bagasiTruk kontainer sendiri merupakan sebutan untuk truk yang mengangkat kontainer. Keberadaan trailer sendiri tidak bisa dikeluarkan dari tas, kenapa? Pada dasarnya tas adalah tas yang diperuntukkan untuk mengirim barang.Sedangkan tempat penyerahan tas adalah trailer. Ada banyak jenis tas dengan berbagai bentuk dan ukuran.

TRUK WING BOX

Jenis truk yang terakhir adalah truk wing box. Perahu inilah yang dianggap paling menarik dibandingkan truk Tronton. Karena truk jenis ini, dapat dengan cepat saat loading barang. Ruang bongkar muat kendaraan bersayap ini dapat dibuat dari tiga sisi, yakni kanan dan kiri.

ArtrentcarAuthor posts

Menyediakan layanan sewa mobil plus driver Dngan berbagai pilihan armada yg anda butuhkan